RSS Feed

Sibling Rivalry – mama lebih sayang adek!

Sibling Rivalry atau dalam bahasa kerennya adalah persaingan antar sodara. Seperti yang udah gue ceritakan sebelumnya, gue dua bersodara. Adek gue semata koin, cowok. I dont hate him. Cuma gue benci gimana ortu gue (especially my mom) perlakukan dia. Dan gue ngerasa dibenci sama emak gue sendiri. Yauwoohh tolong *jedotin-kepala. Dari sejak gue kecil, gue selalu ngerasa apapun yang gue lakukan nggak pernah jadi sesuatu yang “perfect” dimata emak gue. Beda dengan adek gue yang rasanya nggak begitu punya banyak beban dikehidupannya di rumah kami. Mau males, no problemo. Mau bantah mama dengan argumen pembenarannya sendiri, thats owkeh, mom cares him so much.  Mau minta apa aja, go ahead.

Lah gue? Preeet. Memang, gue nyadar diri sebagai manusia yang duluan nongol dari rahim emak gue punya tanggung jawab yang lebih besar buat ngayomi adek. Tapi nggak gini juga kaleeeeeeeeeeeeeee! Gue nggak ngerti ini aib apa bukan, tapi gue anggep aja ini cuma curhatan gue atas keberatan gue terhadap sikap beliau yang berat sebelah timbangannya mirip pedagang nakal di pasar. Haisss!

Seringnya gue dimarah dengan sadis sesadis-sadisnya melebihi lagunya afgan, dibentak, dilempar, sejak gue kecil sampe bahkan setelah gue udah jadi mahasiswi tingkat akhir macam begini. Mom masih memperlakukan gue kayak anak kecil pas marah. Ancaman potong duit lah, bentak-bentaklah, sampe sumpah-serapah. Well, entah kalo anak lain tahan apa nggak diperlakukan kayak gitu. Tapi gue tetap disini, dirumah gue dan nggak mencoba berbuat sesuatu hal yang ekstrim yang pernah dilakukan beberapa orang yang gue kenal begitu menghadapi orang tua-nya sudah mulai my-mom-mode-ON. Ternyata gue orang paling sabar sedunia.. Haaiihhhh…

Hal-hal yang gue maksud itu salah satunya kabur dari rumah. Gue nggak pernah kabur meski di marah mom. Selain mikir gue kagak punya duit, gue juga nggak tau mau nginep dimana. Dirumah temen? Kalo gue sampe dicariin kesana gimana? Tengsin 2013 donk gue? Maka dari itu gue nggak pernah kabur kalo lagi diperlakukan nggak adil sama mom, paling gue nangis njerit-jerit dikamar sambil brantakin sepuas hati gue. Lagian, gue rasanya rada kesian kalo gue segitu ekstrimnya sampe kabur. Nggak sampe hati gue. Tapi kadang makan hati juga sih kalo mom lagi murka. Dih, serba salah deh gue. Kayak nelen buah simalakama, nggak ditelen duit jajan dipotong, kalo ditelen malah keselek habis napas *ngek.

Yang gue heran, kenapa mom lebih bisa menerima pendapat adek gue kalo lagi berdebat. Nah sama gue? Jadi debat kusir deh. Debat dimana tiap gue protes, gue yang dipecut kayak kuda. Kasian.. Kasian.. Kasian… Dan yang semalem bikin gue sumpah jengkel se-ubun-ubun waktu gue antar barang pesanan mom ke rsu karena adek gue lagi opname disana. Ceritanya bermula waktu gue in-charge atas kondisi rumah gue karena mom jaga adek disana. Otomatis masak, cuci, ngepel jadi urusan gue donk yah, apalagi gue mesti ekstra bersih-bersih soalnya mom udah wanti-wanti. Gue langsung kerja rodi dan meninggalkan paper yang harus gue selesaikan. Gue sih no problemo yah. Nah, setelah selesai beres-beres, gue diminta balik ke rsu buat bawain barang-barang yang mom butuhin. Selimut, tikar dan partner lainnya gitulah pokoknya. Karena dirumah gue barang-barang jenis itu ada beberapa dan nggak cuma satu, gue siapin aja seadanya, secara lagi kondisi lagi prihatin dan gue buru-buru anterin.

Tapi tau nggak lo apa yang gue dapet begitu sampe di TKP?? Mata melotot, mulut manyun akhirnya mengeluarkan kata “dasar nggak punya otak. Masa barang kayak begini dibawa. Dikasi otak kok nggak dipake (dan bla-bla-bal selanjutnya gue nggak peduli karena gue keburu nangis dan keluar dari ruang rawat inap adek gue sambil nunggu babeh di parkiran). Nyesek. Gue bukan salah bawa barang sodara-sodari. Bukan seperti yang mom gue bilang.

Balik lagi beberapa jam sebelumnya. Mom telpon gue yang waktu itu sedang ada dirumah, isinya “tolong bawain selimut, tikar dan baju ganti mom”. Gue catet donk. Dan bawa. Tapi apa yang dimaksud mom gue sampe segitu marahnya?? Gue bawa tiker yang jelek (padahal nggak jelek-jelek amat! Kondisi nya juga masih bagus dan layak pake), tapi apa yang bikin mom gue sebegitu murkanya? Cuma karena tiker itu jelek menurut beliau. Hiks. Orang lagi sakit, sempet-sempetnya mikirin bagus-jeleknya barangnya yang dibawa. Mom gue emang berjiwa pamer. Tapi beda lagi kalo adek gue yang ada diposisi gue. Mana tega dia marahin itu bocah segitu sadisnya. See? Bukan tanpa alasan gue bilang kalo mom gue emang lebih sayang adek. Only god know why rasanya. Hhh…

About myalterstory

Just a "not-girl-not-yet-a-woman" that hopelessly need to escape from her crazy life. Duh!

4 responses »

  1. I feel you sis. I feel you so much. Rasanya kita boleh nih ngobrol bareng :”)

    Reply

Something to say? :)

