RSS Feed

Entertainment itu mengerikan, beb!

Posted on

Based on my point of view, perubahan perilaku dari jaman ke jaman sangat besar dipengaruhi oleh sesuatu yang bernama “entertainment” atawa yang dalam bahasa indonesia yang baik dan benarnya adalah hiburan. Ih non, omongan elu pasti bakal berat nih. Hahaha. Nggak juga sih, pemikiran gue yang satu ini udah lama mojok di sudut otak gue yang semerawut. Terlebih lagi karena gue mulai merasa ada jarak yang renggang banget antara gue dengan adek-adek sepupu gue yang sebut aja masih SMA sampe kebawah. Jaooooooh. Bukan cuma jaoh umurnya, tapi juga jaoh budaya dan pergaulannya.

Nggak jarang kalo misalnya mr.big pulang, saat kita jalan-jalan, ada aja bagian yang mengomentari kelakuan “anak jaman sekarang” yang berakhir dengan gumaman kami berdua “kita sudah tuaaaaaaaaaaaa” *ngakak. Banyak sekali kebiasaan yang anak jaman sekarang lumrahkan, tapi bagi kami, saat seumuran mereka, never have a guts to doing that, kagak berani, dan juga kagak bisa karena fasilitasnya beda jauh. Mau nyebutin apa aja satu-satu juga bakal bikin ini postingan panjang banget.

Apa yang terjadi menurut gue adalah sebagian besar salah entertainmet. Kenapa bisa begitu? Kebanyakan hiburan mengajarkan sesuatu yang nggak lumrah menjadi lumrah. Salah satunya, well, ini juga yang bikin gue kepikiran buat nulis ini karena sewaktu menikmati lagu dari One Direction di salah satu aplikasi radio streaming di hape, ngeliat cover album yang (masya allah deh), nakal bener, pake naik-naik booth telpon gitu. Iya sih, nyeni banget fotonya, artistik, tapi sasaran utama penggemar One Direction kan remaja tuh, nggak takut apa ngajarin yang jelek kalo adegan merusak properti umum itu lumrah? Hadeh bener deh. Sayang lagunya ear-cathy, coba kalo kagak, udah pindah channel gue. Gue nggak cuma ngomong soal mereka aja sih, banyak artis yang kayak gitu. Heboh, seru, tapi rasanya kurang memperhatikan edukasi ke masyarakat karena mereka publik figur.

Terus, yang parah lagi, acara gosip. Kadang gue angkat tangan deh kalo jadi berdebat kusir sama nyokap yang nggak mau pindah channel tipi, karena pilihan gue mendingan nonton berita beneran sekalian ketimbang yang abal-abal. Menurut gue, acara gosip itu kebanyakan beritanya ya nontonin deritanya orang. Dan gue juga curiga pelaku hiburan endonesyah terpaksa melakukan sensasi yang (kebanyakan) bawa dosa dan mudarat ketimbang manfaat bagi dirinya, terlebih lagi bagi penonton yang kita nggak bisa kontrol apa mau ditiru apa nggak.

Apapun yang ada di entertainment menurut gue terkadang “memaklumkan” apa yang sebelumnya kurang bisa di maklumi. Dan menurut gue itu lebih banyak mudaratnya, berasa jadi kayak degradasi budaya dan perilaku. Gue nggak munafik juga kalo sebenarnya gue pun udah mengalami transisi itu. Terbukti sering kalinya orang tua geleng-geleng dengan perilaku gue yang menurut gue wajar aja tuh di angkatan umur gue. Memang sih transisi ini nggak sepenuhnya salah entertainment, tapi tentunya jadi salah satu penyumbang perubahan tersebut. Well, pikirin sendiri aja gimana kalo selama ini nggak ada entertainment (selain jadi nggak ada hiburan praktis tentunya). In the end, this is just my own honest opinion πŸ˜‰

About myalterstory

Just a "not-girl-not-yet-a-woman" that hopelessly need to escape from her crazy life. Duh!

4 responses »

  1. masalahnya tiap hari yang di tonton begituan dan gampang pula mencontoh yang gak baik hehe

    Reply
  2. Sebenernya mnrt gue sih orang lebih pilih ntn gosip drpd berita krn “gak pake mikir”
    Orang kan cenderung malas mikir, mawnya apa2 gampang. Drpd mikir, mending gue dpt hiburan dr gosipin orang.
    Gue juga udah capek lah sama infotainment, tapi jijaynya, sejak tinggal di sini, gua kadang kangen juga hahahahahah.

    Reply
    • Beritanya tergantung juga berita apaan mbak may.. Kalo politik ya 11-12 juga sama gosip *ngakak*. Enakan nonton acara berita yg informatif, lebih ke arah national geographic channel gitu lah πŸ™‚

      Reply

Something to say? :)

